Ratusan Kader NU Jetis Sambut Kedatangan Panji Bendera NU di Acara Kirab Hari Santri

Ratusan Kader NU Jetis Sambut Kedatangan Panji Bendera NU di Acara Kirab Hari Santri

Jetis, NU Online Mojokerto – Kirab bendera merah putih dan panji-panji NU tiba di halaman MTs MA Darul Ulum Ngabar, Kecamatan Jetis pada Jum’at (05/11/2021) setelah sebelumnya sempat singgah di MWC NU Kemlagi.

 

Serah terima yang dilangsungkan oleh Kecamatan Kemlagi kepada Kecamatan Jetis berjalan khidmat dan meriah. Seluruh banom NU mulai dari IPNU IPPNU, Ansor, Banser, Fatayat, dan Muslimat hadir dengan mengenakan seragam banom masing-masing. Terpantau ada100 orang yang menjadi saksi sejarah kirab ini.

 

Kirab Panji NU disambut antusias warga Jetis, sepanjang rute banyak warga yang menyaksikan dari rumah masing-masing.

 

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang masuk kedalam program kirab bendera yang digagas oleh PC Ansor Kabupaten Mojokerto. Rencananya sebanyak 52 bendera yang terdiri dari bendera merah putih, lajnah, banom, dan lembaga NU akan diarak secara estafet dari kecamatan satu ke kecamatan lain se-kabupaten Mojokerto.

 

Dalam sambutannya Abah Usail selaku Ketua MWC NU Kecamatan Jetis menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap peserta yang hadir. Antusias para banom yang hadir akan menjadi bukti sejarah kegiatan yang baru diadakan pertama kali di Kabupaten Mojokerto. Beliau juga berjanji untuk mengawal bendera-bendera itu sampai titik darah penghabisan sebagai wujud pengabdian dan ketawadhu’an kita kepada para kyai.

 

Selaras dengan Abah Usail, Gus Ibnu ketua Ansor PAC Kecamatan Jetis juga menyampaikan hal yang bermakna sama.

 

“Jihad yang dilakukan para pejuang di masa lalu adalah dengan mengangkat senjata memperjuangkan kemerdekaan, sekarang ketika kita melakukan syiar dengan melakukan kirab mengelilingi se antero Kecamatan Jetis. Ini adalah perwujudan aksi nyata kita untuk berjihad mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang bernilai kebaikan,” terangnya.

 

Bendera yang sudah diterima tersebut selanjutnya diarak dengan berjalan kaki menuju gedung MWC NU Jetis untuk selanjutnya di istirahatkan selama semalam. Rencananya Sabtu 06 November 2021 semua bendera itu akan di arak berkeliling Kecamatan Jetis menggunakan kendaran bermotor dengan garis finishnya adalah gedung MWC NU Kecamatan Gedeg.

 

Rangkaian kegiatan kirab bendera tersebut akan berakhir pada Hari minggu tanggal 21 November 2021 yang di tutup dengan apel akbar yang di ikuti oleh semua anggota ansor banser se-Kabupaten Mojokerto. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang dilakukan oleh Kepengurusan PC Ansor Kabupaten Mojokerto sebagai penutup masa jabatan.

 

Kontributor : Any