PH Ansor Puri Gelar Rakor Kesiapan Agenda Kegiatan Bulan Ramadan dan Syawal

Puri, NU Online Mojokerto – 

Pengurus Harian (PH) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Puri menggelar Rapat Koordinasi kesiapan agenda acara di bulan Ramadan dan Syawal. Rapat ini digelar di kediaman Ketua PAC GP Ansor Puri, sahabat M. Tujin Mujianto pada Senin malam (04/04/2022).

 

Ada beberapa hal yang perlu dikomunikasikan oleh sahabat Tujin kepada jajarannya terkait kesiapan kegiatan di bulan Ramadan dan bulan Syawal yang akan datang.

 

“Ya, sengaja kami undang jajaran pengurus harian untuk selanjutnya kami dengarkan kesiapan masing-masing divisi, khususnya dari jajaran Rijalul Ansor dan Satkoryon Banser terkait kegiatan-kegiatan di bulan Ramadan dan bulan Syawal yang akan datang.” Jelas Ndan Muji –biasa sahabat M. tujin Mujianto disapa.

 

Ada beberapa hal yang dijelaskan terkait kegiatan-kegiatan Rijalul Ansor di Bulan Ramadan oleh Ketua Rijalul Ansor Puri sahabat Masrur Ulum.

 

“Kami sampaikan dulu terkait agenda kegiatan-kegiatan yang ada di bulan Ramadan yaitu; (1) Songoan, yang ini jelas harus dilaksanakan tiap tanggal 9 (2) Safari Ramadan (3) Pengajian Kitab oleh Rijalul Ansor (4) Acara Maleman PC Rijalul Ansor Kabupaten Mojokerto dan agenda anjangsana di bulan Syawal.” Terang Ustaz Ulum.

 

“Pertama terkait acara Songoan yang wajib kita gelar tiap tanggal 9 ini, khusus pada tanggal 9 April dan 9 Mei rencananya digelar dengan kemasan berbeda dari biasanya karena bertepatan Bulan Ramadan dan Sawal, jadi kami mencoba dengan kemasan yang menyesuaikan dengan momen.” Lanjut Ustaz Ulum.

 

“Songoan edisi Ramadan dilaksanakan menjelang buka puasa pada Sabtu, 9 April 2022 pukul 16.00. Acara Pembacaan Istighosah, kultum, buka bersama dan shalat magrib berjamaah. Sedangkan Songoan edisi Syawal acara dikemas dalam bentuk halalbihalal, anjangsana ke para kiai dan tokoh-tokoh NU Kecamatan Puri berkolaborasi dengan banom-banom NU lainnya pada Senin, 9 Mei 2022 Pukul 08.00 WIB.” Lanjut Ustaz Ulum.

 

“Selanjutnya untuk Safari Ramadan atau silaturahim dengan Pemuda Ranting dilaksanakan antara tanggal 12-17 April 2022 dengan tujuan Ranting yang belum terbentuk yakni Ranting; (1) Tangunan (2) Kenanten (3) Kebonagung.” Lanjut Ustaz Ulum.

 

“Selanjutnya ada acara Pengajian Kitab Washiatul Musthofa oleh Rijalul Ansor Puri dilaksanakan setiap hari usai shalat tarawih dan acara berikutnya yang ada di bulan Ramadan adalah Acara PC Rijalul Ansor Mojokerto yakni Maleman. Nah yang terakhir ini untuk teknisnya besok baru rencana kami diskusikan.” Lanjut ustaz Ulum.

 

Setelah jajaran Rijalul Ansor menyampaikan kesiapan agenda acaranya selanjutnya Kepala Satuan koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser PAC GP Ansor Puri sahabat Suyanto giliran menyampaikan kesiapan kegiatan Banser.

 

“Kalau dari jajaran banser kegiatannya yang terdekat adalah terkait kegiatan Safari Ramadan MWCNU Puri yang menghendaki ada Banser ikut mengawal keamanan kegiatan. Maka kami perlu menyiapkan personilnya namun menunggu jadwal safari dari MWCNU.” Terang Suyanto.

 

“Kemudian kegiatan berikutnya adalah pendirian Pos Pantau malam takbir seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini rencana Pos Pantau didirikan di Tepi Perempatan jalan yang berada di depan Balai Desa Tangunan.” Tutup Suyanto

 

Sahabat Fatkhur Qomaruddin selaku Bendahara PAC ditunjuk untuk memimpin doa diakhir rapat karena sahabat-sahabat yang lain ingin berkah doa dari sahabat Fatkur yang baru saja pulang dari Umrah.

 

“Sahabat-sahabat mudah-mudahan apa yang menjadi agenda kegiatan kesemuanya tadi diberikan kemudahan, kelancaran dan ridlo dari Allah Subhanahu Wata’ala. Alfatihah.” Doa sahabat Fatkur.

 

“Selanjutnya mari kita baca surah Al-Ashr tiga kali.” Kata Sahabat Fatkur sebelum membaca surah.

Kontributor: Fahrul LTN Puri

Related Posts

NU Online Mojokerto