Berikan Kesan Nyantri, MI Miftahul Ulum Pandanarum Gelar Pondok Ramadhan di PP Ummil Mu’minin

Pacet, NU Online Mojokerto – 

Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan mulia. Sehingga masyarakat saling berlomba mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan yang positif. Salah satu kegiatan positif dilakukan oleh MI Miftahul Ulum Pandanarum, dengan mengadakan Pondok Ramadan. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap memasuki bulan Ramadan.

 

Tahun ini, Pondok Ramadan MI Miftahul Ulum Pandanarum diadakan mulai tanggal 12 – 14 April 2022. Kegiatan diisi dengan pemberian materi kepada siswa-siswi dari kelas 1-6 yang berhubungan dengan Ramadan. Materi ini meliputi: Puasa Ramadan, Shalat Tarawih, Shalat Witir, Zakat Fitrah, dan Shalat Idulfitri. Pada tahun sebelumnya, kegiatan tersebut ditutup dengan bermalam di sekolah untuk kelas 4-6.

 

Akan tetapi ada yang membedakan Pondok Ramadan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, siswa-siswi diajak untuk bermalam di Pondok Pesantren Ummil Mu’minin Desa Simbaringin Kecamatan Kutorejo, yang salah satu pendirinya adalah Alm. B. Nyai Khodijah yang pernah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Mojokerto.

 

Siswa-siswi datang di Pondok Pesantren Ummil Mu’minin pada pukul 16.00 WIB. Kegiatan di Pondok Pesantren ini dibuka dengan pembacaan tahlil bersama sembari menunggu waktu berbuka. Setelah berbuka dan shalat magrib, siswa-siswi yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok diajak untuk safari tarawih ke masjid yang berada di sekitar Pondok Pesantren. Kegiatan safari tarawih meliputi shalat isya’ berjamaah, shalat tarawih dan witir berjamaah, serta tadarus Al-Qur’an.

 

“Safari tarawih ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bermasyarakat kepada para siswa,” ungkap Bapak Syamsul Bahtiar Arrasyid selaku Kepala Madrasah Miftahul Ulum Pandanarum.

 

Masyarakat sekitar masjid sangat antusias menyambut kedatangan para siswa. Terbukti dengan adanya hidangan berupa jajanan dan minuman yang memang disediakan untuk para siswa. Kegiatan tersebut berakhir pukul 21.00 WIB.

 

Pondok Ramadan di Pondok Pesantren merupakan sebuah inovasi terbaru dari MI Miftahul Ulum Pandanarum. Bertujuan untuk memberikan kesan kepada para  siswa tentang kehidupan di pesantren, seperti buka bersama, sahur bersama, tidur bersama, hingga antri ketika menggunakan kamar mandi.

 

Kontributor: Rojak, LTN NU Pacet

Editor: Wahyu T. O.

Related Posts

NU Online Mojokerto