Kolaborasi Basada dan PAC IPNU IPPNU Mojosari Gelar Pengobatan Alternatif Gratis

Kolaborasi Basada dan PAC IPNU IPPNU Mojosari Gelar Pengobatan Alternatif Gratis

Mojosari, NU Online Mojokerto – Banser Husada (Basada) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Mojosari berkolaborasi menggelar pengobatan alternatif gratis bertempat di Masjid Nurul Musthofa, Dusun Sumbersari, Desa Pekukuhan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto pada hari Selasa (12/10/2021).

 

Kegiatan pengobatan alternatif gratis meliputi tensi darah, cek darah meliputi asam urat, kolesterol, dan diabet, bekam, ruqyah, pijat alternatif, serta terapi batin dan yang paling diminati masyarakat setempat adalah pijat alternatif dan cek kolesterol.

 

Rangkaian kegiatan pengobatan alternatif dimulai pada pukul 15.00 WIB, setelah sholat ashar tim Basada dan perwakilan PAC IPNU IPPNU Mojosari saling membagi tugas, terpantau tim Basada berada dalam area Masjid bertugas untuk menangani pasien yang memiliki keluhan linu, asam urat, sering pusing dan lain-lain dengan cara memberikan terapi dan pijatan.

 

Untuk PAC IPNU IPPNU Mojosari bertugas di depan masjid pada bagian registrasi (pendataan) dan mengecek tensi darah, serta mengetes asam urat, gula darah, dan kolesterol pasien.

 

Warga Dusun Sumbersari sangat antusias dalam kegiatan bakti sosial Basada Mojosari, terpantau ada 50 warga yang hadir dalam kegiatan Basada ini. Warga yang baru datang akan didata terlebih dahulu, lalu timbang berat badan, dan cek tekanan darah. Setelah cek tekanan darah, baru dicek gula darah, asam urat dan kolesterol.

 

Setelah pengecekan awal telah selesai, barulah mendapat pengobatan alternatif sesuai dengan kebutuhan, mulai dari pijat listrik, pijat alternatif, terapi dan bekam.

 

Supri salah satu tim Basada mengatakan kalau tujuan kegiatan ini adalah untuk meringankan beban warga sekitar yang memerlukan pengobatan dan bisa merasakan dampak ringan dalam mencari kesembuhan, tidak hanya untuk mengobati, tim Basada juga sebagai perantara untuk berkonsultasi mengenai keluhan sakit yang sedang dialami warga.

 

Solikatin, salah satu pasien memperoleh banyak manfaat berobat di pengobatan alternatif ini.

 

“Alhamdulillah sangat senang sekali dengan adanya berobat gratis ini. Manfaat yang saya rasakan yang tadinya lutut saya sakit sekarang alhamdulillah sudah ringan,” pungkasnya.

 

Kontributor LTN NU Mojosari : Mila Agustin