Lestarikan Tradisi Aswaja, Pimpinan Anak Cabang Lembaga Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Kecamatan Gedeg Gelar Diba’ Kubro

Lestarikan Tradisi Aswaja, Pimpinan Anak Cabang Lembaga Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Kecamatan Gedeg Gelar Diba’ Kubro

Gedeg, NU Online Mojokerto– Pimpinan Anak Cabang Lembaga Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Kecamatan Gedeg menggelar kegiatan Diba’ Kubro pada Sabtu malam (25/09/2021). Kegiatan ini berlangsung di Masjid Al-Hidayah, Desa Balongsari.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembaga Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Kecamatan Gedeg, Muhammad Sholihuddin, menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menjalankan program kerja yang telah disepakati pada Rapat Kerja sebelumnya.

“Diba’ Kubro ini dilaksanakan untuk menjalankan proker (program kerja) yang sudah disepakati saat Raker (Rapat Kerja),” terangnya.

Di samping itu, pemuda yang dalam triwulan akhir ini baru saja sukses menuntaskan jenjang pendidikan Strata Satu-nya itu juga menyampaikan bahwa Rijalul Ansor merupakan lembaga yang memang memiliki titik fokus pada peningkatan spiritualitas, serta pelestarian nilai-nilai Aswaja di tengah lingkungan masyarakat.

“Sudah jadi tugas kami untuk melestarikan tradisi Aswaja. Rijalul Ansor memang dibentuk untuk itu,” tuturnya saat wawancara.

Seusai kegiatan ditutup, ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Takmir Masjid Al-Hidayah yang telah bersedia memfasilitasi jalannya kegiatan sampai akhir.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Takmir Masjid Al-Hidayah yang telah memfasilitasi kegiatan ini sampai akhir,” ungkap pemuda yang kini resmi menyandang Gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam itu.

Perlu diketahui, Diba’ Kubro merupakan kegiatan bulanan yang rutin diselenggarakan di setiap hari Sabtu akhir bulan. Diba’ Kubro ini umumnya diselenggarakan di masjid-masjid tertentu yang memiliki afiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU). Termasuk di antara rangkaian acara dalam kegiatan ini ialah pembacaan Ratibul Haddad dan Maulid Diba’i, yang diiringi dengan lantunan Sholawat Banjari dari para pemuda Nahdliyyin yang datang menghadiri kegiatan.

Kontributor: LTN NU Kecamatan Gedeg