Kader Makesta Mojosari Didorong PC IPNU Mojokerto Aktif Berliterasi

Kader Makesta Mojosari Didorong PC IPNU Mojokerto Aktif Berliterasi

Mojosari, NU Online Mojokerto – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur gaungkan budaya literasi kepada kader Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Pelajar NU Mojosari.

 

Ajakan untuk aktif berliterasi disampaikan dalam sambutan PC IPNU Kabupaten Mojokerto Bagus Sulaiman ketika pembukaan Makesta Pelajar NU Mojosari.

 

Makesta kali ini diadakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Wajib Belajar Desa Pekukuhan sejak Sabtu (18/09/2021) hingga Ahad (19/09/2021) dengan diikuti oleh 43 peserta.

 

Ketua PC IPNU Kabupaten Mojokerto, Bagus Sulaiman dalam sambutannya menjelaskan tentang pentingnya literasi guna meningkatkan produktivitas kader-kader IPNU IPPNU Kabupaten Mojokerto terkhusus wilayah Kecamatan Mojosari.

 

“Literasi adalah pola pengembangan belajar yang harus ditekankan pada kader IPNU IPPNU, hal ini juga sesuai dengan tema yang diangkat dalam kegiatan Makesta yaitu “Menciptakan Kader-kader Milenial yang C.I.N.T.A (Cerdas, Inovatif, Nasional, Tanggung Jawab, dan Agamis)”. Literasi juga merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf yang didalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Jangan takut untuk aktif dalam berorganisasi mengingat kita harus komitmen di wadah perjuangan ini, setelah Makesta kalian juga harus mengeratkan minat baca dan budaya literasi di Kecamatan Mojosari ini,” terang Bagus Sulaiman.

 

Bagus Sulaiman juga menjelaskan kalau literasi ini sangat penting karena hasil dari penelitian Indonesia termasuk negara yang paling rendah dari segi literasi dari 64 negara Indonesia masuk urutan ke-62.

 

“Indonesia realitanya masih rendah literasi, maka dari itu kita pelajar harus aktif dalam berproses di organisasi.Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan, jangan ubah pandangan ini menjadi muda sekarang, pecundang ke masa depan.Kalau tidak dimulai dari kita siapa lagi, kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi,” pungkas Bagus Sulaiman Ketua PC IPNU Kabupaten Mojokerto

Kontributor LTN NU Mojosari : Mila Agustin