Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Puri Mulai Geliat Kegiatan

Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Puri Mulai Geliat Kegiatan

Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor (MDSRA) Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor Desa Brayung Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto kembali menggelar kegiatan rutin dzikir dan salawat pada hari Senin (13/09/21) setelah terhenti sementara waktu karena PPKM.

Zainul Maarif, salah satu Pemuda pelopor, Pengurus Kartar dan GP Ansor Desa Brayung, menjelaskan bahwa Kegiatan ini digelar rutin satu bulan sekali tiap hari Senin Minggu kedua. “Kegiatan ini sudah berjalan kurang lebih selama satu tahun dan dilaksanakan rutin satu bulan sekali tiap hari Senin Minggu kedua.” Terang Ndan Nduk, Panggilan akrab mas Zainul Maarif.
“Setelah sempat terhenti karena Bung Kopit – Covid 19 – lagi ganas-ganasnya menyerang negeri, maka setelah agak longgar kami memulainya kembali.” Senyum Ndan Nduk menjelaskan.

Hal menarik dari kegiatan ini adalah MDSRA bisa menjadi wadah pemersatu pemuda dari semua unsur pemuda di Desa Brayung. “Iya mas, tujuan awal kegiatan ini memang di samping untuk dzikir dan sholawat juga sebagai wadah silaturrahim, merekatkan keakraban semua pemuda di Desa Brayung. Tidak hanya pemuda satu Dusun tetapi pemuda satu Desa. Tidak hanya Ansor Banser tetapi semua unsur pemuda masuk di dalamnya mulai Kartar, GP Ansor, IPNU, Remaja Masjid, Remaja Musholla dan Grup Sholawat pemuda.” Terang Ndan Nduk.W

“Walaupun sebenarnya semua unsur tersebut sejatinya disebut karangtaruna, hehehe.” Lanjut Ndan Nduk.

“Kalau mengamati kegiatan organisasi pemuda di Kecamatan Puri maka jarang ada atau kalau pun ada itu sebagian kecil yang melaksanakan kegiatan pemuda yang mencakup satu desa. Semua berjalan hanya terbatas di lingkup dusun masing-masing. Tentunya banyak faktor kenapa demikian? Tapi ini perlu diselesaikan. Karena hal ini maka tak jarang antara pemuda meski satu desa tidak saling mengenal. Sepertinya hal ini tidak hanya terjadi di Kecamatan Puri saja sih. Maka, kegiatan-kegiatan pemuda yang mencakup satu Desa, apa pun itu, organisasi apa pun itu maka perlu menjadi perhatian, dukungan dan perlu untuk dikampanyekan, termasuk kegiatan MDSRA ini.” Tutup Ndan Nduk.

Hal senada juga disampaikan oleh Fatkur Qomaruddin, Ketua Ranting GP Ansor Desa Brayung. Dalam sambutannya merasa bersyukur dengan kegiatan ini. “Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan kembali, mudah-mudahan kegiatan ini terus langgeng dari generasi ke generasi, untuk itu saya juga perlu menyampaikan pentingnya regenerasi karena masa kepengurusan PR GP Ansor Desa Brayung segera berakhir. Meski segera berakhir bukan berarti kegiatan-kegiatan juga ikut berakhir. Justru yang baik-baik diteruskan dan dikembangkan.” Terang Ndan Fatkur dalam diskusi keorganisasian.

Ndan Fatkur juga membahas pentingnya pengembangan perekonomian organisasi di tingkat ranting. “Saya berharap kegiatan perekonomian yang sudah berjalan yakni Agen Nutrisi Water untuk terus ditumbuh kembangkan.” Terangnya.

Acara MDSRA ini dimulai pukul 20.00 – 22.00 WIB. Diawali pembacaan sholawat bersama, diiringi Grup Sholawat Remaja Masjid Darussalam, (2) Pembacaan Istighosah sekaligus Doa dipimpin oleh ustadz Zainal Arifin (3) Diskusi keorganisasian dipimpin oleh Fatkur Qomaruddin.

Acara berjalan lancar dan tentu tetap memperhatikan protokoll kesehatan.

Kontributor : Fahrul Irwan