Isi Kuliah Umum PGPQ LP. Ma’arif, Gus Bara Umumkan 3 Milyar Untuk Insentif Guru TPQ

Isi Kuliah Umum PGPQ LP. Ma’arif, Gus Bara Umumkan 3 Milyar Untuk Insentif Guru TPQ

NU Online Mojokerto – Majelis Pembina TPQ LP Ma’arif NU Kabupaten Mojokerto semakin menunjukkan eksistensinya. Program PGPQ (Pendidikan Guru Pengajar Al Quran) kembali diselenggarakan dengan menggelar kuliah umum menyongsong dimulainya perkuliahan PGPQ tahun akademik 2021/2022. Kegiatan ini berlangsung pada Ahad (12/9) pagi bertempat di Wisma NU Kabupaten Mojokerto.

Kuliah umum diikuti oleh 238 mahasantri (sebutan peserta PGPQ, red.) dari berbagai daerah di kabupaten Mojokerto dan dibuka secara resmi oleh ketua PCNU Kabupaten Mojokerto, KH. Abdul Adzim Alwi.

Wakil bupati Mojokerto, H. Muhammad Al Barra, Lc., M.Hum. yang diundang khusus untuk menyampaikan kuliah umum sangat mengapresiasi kegiatan PGPQ LP Ma’arif NU. Dalam kuliahnya Gus Barra, demikian beliau biasa dipanggil menceritakan bagaimana beliau belajar Ulumul Quran saat masih mondok dan berkuliah. Lulusan Universitas Al Azhar Mesir ini memaparkan betapa Al Quran adalah mukjizat yang luar biasa, tidak ada satupun yang mampu menandingi keagungan sastra Al Quran. Tidak lupa beliau juga menjelaskan kebijakan pemerintah kabupaten Mojokerto dalam hal kesejahteraan guru-guru TPQ.

“Kami bersama ibu bupati sangat berkomitmen dalam hal ini, Alhamdulillah untuk tahun ini dianggarkan 3 milyar untuk insentif guru-guru TPQ,” jelas beliau yang disambut tepuk tangan meriah para mahasantri PGPQ.

Direktur PGPQ, Zainal Mahmud dalam pengantar kuliah umum menceritakan sejarah berdirinya PGPQ sejak awal tahun 1900-an. PGPQ adalah program satu tahun yang pemateri atau dosennya adalah yang terbaik di bidangnya. Oleh karena pendaftar cukup banyak dan menyebar di seluruh wilayah kabupaten Mojokerto maka untuk tahun akademik 2021/2022 akan diselenggarakan di tiga titik perkuliahan. Yakni di PP. Nurul Falah Balongmojo Puri, TPQ Husnul Khotimah Randubango Mojosari, dan TPQ Al Azhar Kemlagi.

“Kami masih memberi toleransi atau kesempatan bagi yang ingin mendaftar sampai 26 September 2021. Dan jangan khawatir, bisa saja ada banyak penyelenggara PGPQ ,namun PGPQ LP Ma’arif NU adalah yang asli,” pungkas beliau sambil tersenyum. (ul)