Selain Santuni 85 Anak Yatim dan Dhuafa, Lazisnu Bangsal Juga Santuni Pejuang NU

Selain Santuni 85 Anak Yatim dan Dhuafa, Lazisnu Bangsal Juga Santuni Pejuang NU

Bangsal, NU Online Mojokerto – Senin, 23 Agustus 2021. Satu persatu Anggota Lazisnu mulai berdatangan di kediaman Ketua MWC NU Bangsal Drs. H. Lukman Hakim tepat menjelang ibadah sholat Maghrib.

Usai shalat maghrib, acara dilanjutkan dengan santunan kepada 85 Anak Yatim dan Dhuafa’ di 7 Ranting.  Usai santunan, Lazisnu Kecamatan Bangsal memberikan Tali Asih kepada Pejuang NU. Pejuang NU tersebut yaitu adalah KH. Abbas Nawawi serta Drs. KH. Islahuddin, MHi.

Menurut keterangan Abah Shof, Yai Abbas selama hidupnya banyak berjuang untuk NU, bukan hanya di kecamatan Bangsal namun juga NU di Kabupaten Mojokerto. Yai Abbas adalah Imam Jama’ah Aurot Dzikrul Ghofilin di Kabupaten Mojokerto, dimana beliau adalah salah satu Kyai yang ditunjuk langsung oleh Gus Mik (KH. Hamim Jazuli) untuk menggerakkan jam’iyah Dzikrul Ghofilin di Kabupaten Mojokerto. Yai Abbas yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Rois Suriyah MWC NU Kec. Bangsal selama dua periode serta Ketua MUI Kec. Bangsal sering menjadi penggerak pengajian di kalangan warga Nahdliyin.

Lalu Abah Shof menjelaskan juga bahwa Yai Islah adalah pejuang NU sejati, hampir seluruh hidup beliau dijadikan perjuangan untuk kemajuan warga NU. Pernah dua kali menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah MWC NU kecamatan Bangsal dan saat ini sebagai Mustasyar MWC NU Bangsal serta Suriyah NU PC Kabupaten Mojokerto, Yai Islah adalah Pelopor Pendirian Kantor MWC NU kecamatan Bangsal. Selain itu Yai Islah pernah dua kali menjabat Ketua Mabin PQ Kabupaten Mojokerto.

Sebagian karya Yai Islah yang sangat luar biasa bagi kemajuan warga NU adalah menyusun buku Pedoman Manajemen dan Administrasi Mabin PQ Kab. mojokerto, Menyusun Buku waqof dan Ibtida’ PQ Mabin Kab. Mojokerto, Penulis buku Khod jilid 1 – 5 PQ Mabin Kab. Mojokerto, Penulis buku Materi Hafalan untuk Santri TPQ, Penyusun metode Iqro’ yang memudahkan anak-anak TPQ belajar Al Qur’an dan masih banyak lagi karya beliau untuk warga NU dan semua sumbangsih ini adalah untuk kemajuan warga NU Bangsal.

“Satu hal lagi, untuk MWC NU Bangsal, perjuangan beliau sangat lah besar, beliau pernah membawa MWC NU Bangsal sebagai juara 3 se Wilayah NU jawa Timur lomba administrasi antar MWC NU” Pungkas Abah Shof.

 

Kontributor : LTN Bangsal