Desa Cendoro, Menuju Desa Qurani.

Desa Cendoro, Menuju Desa Qurani.

NU Online Mojokerto – Tak seperti biasanya, pada hari Ahad sore (5/7) di Masjid Al Hidayah Cendoro Dawarblandong nampak begitu meriah dengan kehadiran warga beserta Pengurus Ranting dan Anggota Fatayat – Muslimat Desa setempat. Tak ketinggalan pula Kepala Desa Cendoro, Ketua PRNU dan Pengurus Takmir Masjid turut larut dalam kemeriahan ini. Ya, sore itu sedang diselenggarakan Upacara Pembukaan Giat Pembinaaan Tilawatil Quran (Qiroah) untuk warga Desa Cendoro dan sekitarnya. Hebatnya, kegiatan ini diinisiasi langsung oleh sang Kepala Desa, Bapak H. Supardi dan didukung penuh Pengurus Ranting NU dan Takmir Masjid Al Hidayah Desa Cendoro.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Cendoro, H. Supardi mengungkapkan syukur dan terimakasihnya kepada Allah SWT dan kepada semua warga yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

“Saya bangga kepada panjenengan semua, mudah-mudahan giat Pembinaan Tilawatil Quran ini bisa istiqamah, sukses dan secara berjenjang akan menelurkan bibit-bibit/potensi-potensi Putera-Puteri Desa yang Ahlul Quran yang kita yakini keberkahannya akan menyeluruh pada sendi-sendi kehidupan warga desa ini; Umatnya, Umaranya, dan Ulamanya” Ungkap Pria yang juga Pengurus MWC NU Kec. Dawarblandong ini.


Menariknya, Pembinaan Tilawatil Quran ini langsung menghadirkan sang Ketua PC JQHNU Kabupaten Mojokerto, Ust. H. Fathur Rahman, M.A. Dihubungi oleh Kontributor NU Online Kab. Mojokerto, Ust. Yazid, S.Pd.I selaku Penanggung Jawab giat ini menyampaikan alasannya menghadirkan Ketua PC. JQHNU Kab. Mojokerto,

“Untuk memotivasi warga agar lebih giat lagi belajar Tilawatil Quran (Qiroah), kami bertekad menghadirkan langsung Pembina Utamanya, Yaitu Ust. H. Fathur Rahman yang kita kenal sebagai Juara MTQ Nasional di Yogyakarta dan Aceh, di samping beliau juga Sebagai Ketua PC JQHNU Kab. Mojokerto” Kata Pria yang juga menjadi Sekretaris PRNU desa Cendoro ini mantap.

Untuk diketahui, kegiatan Pembinaan Tilawatil Quran ini akan berlangsung secara kontinyu Dwi Mingguan (dua minggu sekali) pada hari Sabtu Pukul 15.30 sampai selesai di masjid Al Hidayah Desa Cendoro. Adapun Leading Sector giat ini adalah Pengurus Fatayat Muslimat Ranting Desa Cendoro. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Kyai Mahmudi, Ketua Pengurus Ranting NU setempat.

“Dalam giat ini kita dapat merasakan indahnya sinergitas kegiatan keagamaan di Desa ini antara Pemerintah Desa dengan Pengurus Ranting NU, Lembaga & Banom, layak kita jadikan tradisi yang baik dan akan kita lestarikan sampai generasi anak cucu kita” Tegas Pria paruh baya ini yang sekaligus Ketua Takmir Masjid Al Hidayah Cendoro.

Alhasil, model sinergitas kegiatan ini diharapkan bisa diimbaskan kepada desa-desa lain di sekitarnya khususnya dan kepada seluruh desa-desa di Wilayah kabupaten Mojokerto pada umumnya.

Kontributor :
Masfudin, M.Pd (Sekretaris PC JQHNU Kab. Mojokerto)