Sholat Gerhana di Canggu Permai, KH. Khoyyun : Gerhana Bulan adalah Fenomena Alam

Sholat Gerhana di Canggu Permai, KH. Khoyyun : Gerhana Bulan adalah Fenomena Alam

NU Online Mojokerto – Pada hari Rabu ( 26/05/21) bertepatan dengan gerhana bulan total, sekitar 150 jamaah Nahdliyyin Canggu Permai Jetis Mojokerto menggelar sholat Gerhana Bulan di Masjid al-Muttaqin.

Bertindak sebagai imam dan khotib KH. Khoyyun S.Pd, Suriyah Ranting NU Desa Canggu. Dalam khotbahnya, KH. Khoyyun menyampaikan hikmah gerhana bulan serta cara menyikapinya.

Menurut KH. Khoyyun Gerhana bulan adalah fenomena alam yang menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Allah yang tidak ada kaitannya dengan kejadian atau mitos mitos di masyarakat selama ini,

“gerhana bulan yang sedang terjadi hari ini merupakan murni fenomena alam, dan ini merupakan kuasa Allah SWT, sehingga jangan disangkutpautkan dengan mitos-mitos yang sering disuarakan masyarakat…”, tuturnya.

Amalan yang bisa dilakukan oleh warga Nahdliyin dikala terjadi fenomena alam itu yaitu dengan memperbanyak istighfar, sedekah, dan dzikir agar lebih dekat kepada Allah SWT.

“saat ini juga kita dianjurkan bagi seluruh muslimin muslimat, untuk memperbanyak istigfar, dzikir dan shodaqoh serta berfikir sebagai sarana kita untuk lebih dekat kepada Allah SWT..”, imbuhnya saat mengakhiri khutbah.

Takmir masjid al Muttaqin selaku penyelenggara dalam kegiatan tersebut berharap agar warga Nahdliyin di lingkungan Canggu permai terus semangat dan istiqamah di dalam beribadah terutama sholat gerhana seperti saat ini. (Dikin)