Sambut Lailatul Qodar, MDS Rijalul Ansor PC. GP. Ansor Kab. Mojokerto Gelar Wirid Rotibul Hadad di Makam Syekh Mahmud

Sambut Lailatul Qodar, MDS Rijalul Ansor PC. GP. Ansor Kab. Mojokerto Gelar Wirid Rotibul Hadad di Makam Syekh Mahmud

NU Online Mojokerto – Pada 10 ramadan akhir, umat Islam berlomba-lomba untuk meningkatkan intensitas ibadahnya. Hal ini dikarenakan pada 10 hari tersebut diyakini merupakan turunnya Lailatul Qodar yang penuh kemuliaan. Begitu juga dengan PAC GP Ansor Kecamatan Puri, dalam rangka ambil bagian pada hari tersebut, pada malam 27 Ramadlan 1442 H (08-09 Mei 2021) telah berhasil dengan lancar menjalankan tugas sebagai tuan rumah pada kegiatan Safari Ramadlan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor (MDS RA) PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto di Zona II (PAC: Puri, Jatirejo, Trowulan dan Sooko) bertempat di Langgar Al-Mahmud (Komplek Makam Mbah Sayyid Mahmud Tirim) Desa Plososari, Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto.

Acara Safari Ramadlan ini bertema “Mengetuk Pintu Langit”. Dimulai tepat pukul 00.01 (Ahad dini hari) yang diawali dengan shalat-shalat sunnah dan dzikir Ratibul Haddad yang dipimpin oleh jajaran pengurus MDS RA PC GP Ansor Kab. Mojokerto. Kemudian dilanjut dengan acara sambutan secara berurutan oleh Ketua MWC NU Puri, Ketua MDS RA PAC Puri, PC GP Ansor dan Perwakilan pengurus RA PC GP Ansor Kab. Mojokerto.

H. Saifudin, Ketua MWC NU Puri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Safari ini dalam bentuk qiyamul lail di 10 hari terakhir bulan Ramadlan karena lain dari pada yang lain.

“Saya malam ini merasa bahagia, antusias dalam kegiatan Ansor khususnya acara Rijalul Ansor pada malam hari ini karena lain dari pada yang lain atau jarang dilakukan oleh organisasi atau kelompok yang lain” Kata H. Saifuddin.

“Mudah-mudahan acara ini bisa terus diagendakan”. Tambah H. Saifuddin.

Hal senada juga disampaikan oleh Moh. Yunus, Sekretaris PC GP Ansor Kab. Mojokerto bahwa di samping diagendakan ia juga berharap agar kegiatan semacam ini dilestarikan oleh Pemuda Ansor baik dari tingkat cabang sampai tingkat ranting, Karena kegiatan seperti ini hampir punah terlihat hanya dilakukan oleh segelintir kaum renta.

“Pemuda Ansor sekarang harus mulai mengisi masjid-masjid. Musholla-musholla dengan melestarikan kegiatan semacam ini, dari tingkat cabang hingga ranting. Saatnya pemuda berperan.” Lanjut Yunus.

Sambutan berikutnya dari Agus Sofiyan Amin (Gus Makelar) mewakili pengurus MDS RA PC GP Ansor Kab, Mojokerto. Gus Fiyan menyampaikan salam dari para pengurus yang belum bisa hadir kepada jamaah.

“Kegiatan safari ini merupakan program MDS RA PC GP Ansor Kab. Mojokerto yang sudah berjalan sekitar tiga tahun berupa Qiyamul Lail dan Dzikir pada 10 hari terkahir bulan Ramadlan. Saya mewakili pengurus MDS RA Rijalul Ansor PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto menyampaikan salam dari Sahabat Lutfi kepada sahabat-sahabat sekalian karena pada malam hari ini beliau tidak bisa hadir karena beliau hadir di Trawas.” Kata Gus Fiyan.

“Perlu diketahui pada malam hari ini terdapat kegiatan serupa di dua Zona, Zona II yang sekarang kita tempati ini (Kecamatan Puri) dan Zona IV bertempat di Kecamatan Trawas. Namun yakinlah meski raga tidak bersua tetapi bathin kita semua, menyatu”. Lanjut Gus Fiyan.

Gus Fiyan juga meminta hadiah Surah Fatihah, pertama ditujukan kepada KH. Hasyim (Ayahanda Gus Ali Moh. Nasih, Ketua PC GP Ansor Kab. Mojokerto) yang sedang sakit dan kedua ditujukan kepada salah satu sahabat (M. Pengurus Rijalul Ansor Ranting Ketemasdungus Puri Mojokerto yang baru saja (09/05/21) meninggal dunia.

“Kagem (untuk) Abah Hasyim (Ayahanda Gus Ali) semoga diangkat penyakitnya oleh Allah SWT. sehingga bisa membimbing kita semua. Kagem sahabat (M. Lutfi Firmansyah) senantiasa bersamaan dengan lailatul qodar, hingga haqqul yaqin, khusnul khotimah dakholal jannah. Al-Fatihah”. Pimpin Gus Fiyan.

Acara ditutup dengan Do’a dan dilanjutkan Makan Sahur Bersama. Acara ini dihadiri sekitar 150 orang peserta dari Zona II. Acara berjalan tertib dan lancar, berakhir pada puku 03.00 WIB.


Kontibutor Puri : Fahrul Irwan