Memperingati Malam Lailatul Qiroah, PAC JQHNU Kec. Kemlagi Gelar Diklat Tilawah Al Quran

Memperingati Malam Lailatul Qiroah, PAC JQHNU Kec. Kemlagi Gelar Diklat Tilawah Al Quran

NU Online Mojokerto – Menyambut malam Nuzulul Quran yang dilakukan serentak di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto pada malam 17 Ramadhan 1442 H, PAC JQHNU Kemlagi menggelar Diklat Tilawah Quran selama dua malam dari tanggal 27-28 April 2021.

Untuk mendukung kegiatan ini, pengurus mengundang seluruh putra putri terbaik yang ada di wilayah kecamatan Kemlagi meliputi tingkat anak-anak hingga tingkat remaja.

Menurut Ustadz Irsyad, diadakannya Diklat Tilawatil Quran, agar muncul bibit bibit unggul dalam bidang tilawah Al Qur’an di Kecamatan Kemlagi,

“Tujuan diadakannya kegiatan DTQ ini guna untuk mencari bibit-bibit unggul di bidang Tilawah Quran, dan alhamdulillah hingga hari H (hari ini) jumlah peserta yang daftar dan hadir mencapai 40 peserta yang terdiri dari putra dan putri, ini bagi kami merupakan capaian yang luar biasa, alhamdulillah. ” Jelas Ketua PAC JQHNU Kemlagi, Ust. Irsyad saat ditemui kontributor NU Online Mojokerto.

Setelah kegiatan DTQ ini selesai, akan ada tindak lanjut setelah bulan Ramadhan yaitu akan kembali diadakan kegiatan serupa dengan jadwal dua minggu sekali dalam satu bulan.

Diantara semua peserta yang ada, ternyata ada juga peserta yang sudah bapak-baoak dan ibu-ibu. Meski sudah usia lanjut, mereka tak kalah semangat dengan yang muda dalam ikut belajar Tilawah. Meski bukan peserta reguler, mereka mengikuti materi latihan dari awal hingga akhir.

Diklat Tilawah Quran ini diasuh oleh ustadz Gufron dari Mojokerto kota. Pengasuh Pesantren Darul Dakwah Mojokerto ini adalah salah satu Qori nasional yang dimiliki Mojokerto. Dia juga berharap diklat semacam ini harus terus digalakkan dan agar peserta krasan atau betah dalam belajar, maka sentuhan-sentuhan khusus dalam menggali potensi peserta harus dilakukan dengan semangat.

Kegiatan DTQ dilaksanakan akan ditutup dengan kegiatan Gebyar Lailatul Qiroah yaitu dengan menampilkan peserta yang memiliki kemampuan lebih. Lailatul Qiroah akan dilaksanakan pada tanggal 30 April 2021 dan dilaksanakan di tempat yang sama, yaitu Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Mojopilang Kemlagi.

Kontributor : Taufik