Diklat Tilawah Al Qur’an di Mojosari Diikuti 153 Peserta

Diklat Tilawah Al Qur’an di Mojosari Diikuti 153 Peserta

NU Online Mojokerto – Memperingati malam Nuzulul Qur’an, PAC JQHNU Kecamatan Mojosari menggelar Diklat Tilawah Al-Qur’an dan Lailatul Qiraah pada Rabu (28 April 2021) di Masjid “Darussalam” Randubango Kecamatan Mojosari.

Acara diikuti oleh 152 peserta dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah, SDN,SDS, TPQ, MTS, dan masyarakat umum. Tak sekadar diikuti oleh warga Mojosari saja tetapi juga diikuti oleh peserta dari Pungging dan Ngoro.

Acara ceremonial dimulai pada pukul 07.30 wib. Ketua panitia yang diwakili oleh Saihul Adnan, S. Pd.I, M. Pd.I sekaligus menjabat sebagai ketua JQHNU Mojosari, mengatakan bahwa PAC JQHNU Kec. Mojosari merasa bersyukur bisa turut andil dalam Mojopahit bertilawah. Ke depan, kata Ketua JQHNU Mojosari itu berharap, disetiap desa atau lembaga tercetak generasi Qur’ani yang ahli di bidang seni baca Alquran sehingga pada acara-acara tidak kesulitan mencari SDM di bidang tilawah.

Perwakilan dari pemerintah desa yang menjabat Kaur Kesra desa Randubango sekaligus sebagai Takmir Masjid, H Jamian, menyampaikan terima kasih kepada panitia JQHNU yang memilih Masjid Darussalam sebagai tempat Diklat Tilawah Al Qur’an.

Heru P, Kapolsek Mojosari, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan diklat tilawah yang diselenggarakan oleh JQHNU Mojosari diacungi jempol, sebab selain mematuhi protokol kesehatan juga memiliki dampak positif dalam pembinaan terhadap generasi muda yang mencintai Al Qur’an.

Camat Mojosari H. Faizun, SH. memberikan pesan kepada peserta sebelum acara dibuka, agar mengikuti kegiatan ini diniatkan Tholabul ilmi karena Allah.

“Sangat tepat kalau pelaksanaan kegiatan ini di masjid karena akan menambah kehikmatan karena sebelumnya panitia mengajukan saya untuk meminta pendopo kecamatan Mojosari sebagai tempat. Pelaksanaan sangat tepat sekali bersamaan dengan malam Nuzulul Qur’an” terang Pak Camat Mojosari itu.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan Diklat pembinaan tilawah. Sebagai pembina tilawah yakni H. Nur Kholis, M. Pd.I. Tampak
seluruh peserta antusias mengikuti diklat karena baru kali pertama mereka mengenal kegiatan ini, sesi pertama berakhir jam 12.00 dilanjut sholat dhuhur dan peserta diberikan waktu istirahat sampai pukul 13.00 dan dilanjut lagi sesi 2 pukul 14.00- 15.00.

Sesuai Jadwal pada Rangkaian acara Diklat dilanjutkan buka bersama dan sholat tarawih Lailatul Qira’ah dan hikmah Nuzulul Qur’an dan rencana akhir kegiatan pada pukul 22.00.

Kontributor : LTN Mojosari

LTNNU Mojosari