PC. JQHNU Kab. Mojokerto Borong Juara MTQ JQHNU XIV Tingkat Propinsi

PC. JQHNU Kab. Mojokerto Borong Juara MTQ JQHNU XIV Tingkat Propinsi

NU Online Mojokerto – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIV Pengurus Wilayah Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffadz NU Jawa Timur digelar secara langsung di PPSQ Asy Syadzili Pakis Malang 10 -11 April 2021. Acara ini merupakan acara lanjutan dari MTQ virtual yang telah dilaksanakan dimasing-masing polres yang terpusat di Pondok Pesantren Al Hamidiyah Sen-asen Konang Bangkalan beberapa waktu yang lalu.


Setidaknya ada 3 (dua) cabang yang dimusabaqahkan dalam perhelatan ini, yaitu Cabang MTQ (Tilawatil Qur’an), Cabang MHQ (Hifzhil Qur’an) dan Cabang Mars dan Salawat. Untuk Cabang MTQ dan MHQ melombakan beberapa golongan, yaitu :Golongan Tilawatil Qur’an Anak-anak (Pa), Golongan Tilawatil Qur’an Anak-anak (Pi)
Golongan Tilawatil Qur’an Remaja (Pa), Golongan Tilawatil Qur’an Remaja (Pi), Golongan Hifzhil Qur’an 10 Juz (Pa), Golongan Hifzhil Qur’an 10 Juz (Pi), Golongan Hifzhil Qur’an 20 Juz (Pa), Golongan Hifzhil Qur’an 20 Juz (Pi).


Menariknya, semua penampilan peserta MTQ menggunakan sistem tatap muka secara langsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Diantaranya adalah peserta tidak diperkenankan untuk berangkat sebelum ada pemanggilan panitia serta dijemput oleh petugas khusus yang mengantar pemberangkatan sampai ke lokasi lomba serta pemulangan kembali ke penginapan.

Selain itu untuk menghindari terjadinya kerumunan, para Official juga tidak diperkenankan mendampingi peserta yang tampil.
Untuk diketahui, sebelumnya pada hari kamis, 8 April 2021 PC JQHNU Kabupaten Mojokerto mengadakan pembinaan sekaligus pembekalan Kafilah MTQ XIV di ruang rapat PCNU Kabupaten Mojokerto.

Masfudin, S.Pd.I, M.Pd. mewakili PC JQHNU sekaligus sebagai Pimpinan Kafilah memberikan pesan pada semua peserta untuk tetap semangat dan percaya diri dalam lomba nanti. Karena segala usaha dalam menyiapkan MTQ termasuk rutin berlatih merupakan bagian dari perjuangan untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dibidang agama. Imbuhnya.

Acara dilanjutkan pembinaan peserta oleh H. Mahfudz dan Ibu Nyai Innama. Dalam pembinaan tersebut para peserta tampil seolah dimedan MTQ. Berbagai koreksi serta pembenahan lagu dan bacaan dilakukan.

Dalam kesempatan ini Ustadz H. Mahfudz, Juara MTQ Tingkat Provinsi Jatim Tahun 2015 ini berpesan bahwa menjelang tampil dipanggung MTQ nanti, para peserta diharapkan mampu mengatur dan menjaga pola istirahatnya dengan baik. Karena kesehatan dan kebugaran fisik sangat mempengaruhi suara.


Kafilah MTQ JQHNU tingkat Jawa Timur dari PC JQHNU Kabupaten Mojokerto berangkat pada Sabtu, 10 April 2021 pukul 05.00 WIB dengan 7 peserta dan 3 Official. Kafilah sampai di PPSQ Asy Syadzili Pakis Malang pada pukul 07.55 WIB dan langsung melakukan registrasi kepanitia.

Adapun nama peserta adalah Golongan Tilawah Remaja, Meutya Zien Ummul Khafidza, Zulfi Ahmad Hariri, Izah Qotrun Nada, Golongan Tilawah Anak-Anak, Muhammad Hamdan Ubaidillah, Golongan Hifdzil Quran 10 juz Qusthoniyah Nurul Mahmudah, Ulil Albab, Golongan Hifdzil Quran 20 juz, Isyroqi Nur Muhammad Limiroji. Selanjutnya para peserta menunggu giliran tampil.


Proses MTQ berlangsung dengan baik dan selanjutnya tibalah pengumuman hasilnya pada Ahad 10 April 2021. Kafilah PC JQHNU Kabupaten Mojokerto banyak meraih juara, diantaranya adalah; juara 1 Golongan Hifzh Al Quran 10 Juz Pi diraih Qusthoniyah Nurul Mahmudah, Harapan 1 Golongan Hifzh Al Quran 20 Juz Pa diraih Isyroqi Nur Muhammad Umiroji,Harapan 1 Golongan Tilawah Remaja Pa diraih Zulfi Ahmad Hariri,Harapan 2 Golongan Tilawah Remaja Pi diraih Meutya Zein Ummul Hafizha, Harapan 2 Golongan Tilawah Anak-Anak Pa diraih Muhammad Hamdan Ubaidillah.

H. Fathur Rahman selaku Ketua PC JQHNU Kabupaten Mojokerto memberikan apresiasi kepada para peserta yang telah mengikuti lomba dengan penuh semangat dan tanggungjawab.

“Semoga prestasi yang diraih bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan kualitasnya”. Imbuhnya.

Tak ketinggalan pula Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto, KH. Abdul Adhim Alwi melalui pesan Whatsapp memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kafilah MTQ PC JQHNU Kabupaten Mojokerto.

“Alhamdulillah, Mabruk Alfa Mabruk untuk PC jQHNU Kabupaten Mojokerto di bawah asuhan Gus Rahman, Jaiyid Jiddan.”

Konstributor : Masfudin, S.Pd.I, M.Pd. Sekretaris PC JQHNU Kabupaten Mojokerto