Jelang Ramadan, Komunitas Angkring Ijo Gelar Khotmil Quran Lima Majelis

Jelang Ramadan, Komunitas Angkring Ijo Gelar Khotmil Quran Lima Majelis

NU Online Mojokerto – Menjelang ramadan, komunitas Angkring Ijo yang bermarkas di Dusun Gangsir Desa Cinandang Kec. Dawarblandong, pada Sabtu pagi (03/04/21) menggelar khotmil Quran lima majelis.

H. Sofiyan Amin atau yang lebih akrab dipanggil Makelar NU menjelaskan bahwa penyelenggaraan khotmil lima majelis ini dimaksudkan sebagai penutupan sementara rutinan Khotmil Quran tiap kliwon dan sabtu sebelum ramadan tiba sekaligus juga sebagai peringatan ruwah.

“Selama satu tahun penuh, kami ini menyelenggarakan khotmil Quran tiap kliwon dan Sabtu. Hari ini, kami akhiri sementara, sebab ramadan kita fokus kegiatan ramadan di rumah masing masing. Setelah ramadan kita mulai lagi. Selain itu, sebagaimana tradisi, kita peringati ruwah, dengan kirim bacaan al-Quran kepada para ulama, muasis NU dan seluruh kaum muslimin dan muslimat baik yang masih hidup maupun yang telah dipanggil oleh Allah” terang H. M. Sofiyan Amin.

“Alhamdulillah komunitas penghafal Quran yang berjumlah 31 anggota ini, hari ini hadir semua, dan pembacaan al Qurannya kita bagi menjadi lima majelis yang diletakkan dibeberapa Mushola Dusun Gangsir Desa Cinandang ini” imbuh M. Sofiyan Amin.

Untuk diketahui, M. Sofiyan Amin, adalah Pengurus PAC GP. Ansor Kec. Dawar. Ia juga sekaligus pengurus PC. Rijalul Ansor Kab. Mojokerto serta Sekertaris 4 PCNU Kab. Mojokerto periode 2018-2024. Selama satu tahun ini, ia mulai mengumpulkan penghafal penghafal al-Quran di Kec. Dawar dan sekitarnya, dan memfasilitasi untuk terus murojaah pada hafalan al-Qurannya. Karenanya ia menggelar khotmil Quran tiap Sabtu dan Kliwon. Bahkan pada hari hari spesial, bisa setiap hari melaksanakan khotmil Quran, seperti memperingati maulud nabi, kemerdekaan RI dan lain lain.

“Dasarnya kami ini suka membaca al-Quran, jadi ketika difasilitasi oleh Kang Makelar, kami siap. Itung itung Ben Ndunyone Gak Ngguling” kata Ustadz Abd. Ghoni, salah satu anggota Khotmil Quran.

Biasanya pembacaan al-Quran dimulai dari pagi dan berakhir sampai waktu masuk sholat dzuhur. Anggotanya tiap rutinan bisa empat sampai lima orang. Ketika disinggung soal konsumsi dan bisyarohnya,

“Kang Makelar yang mandegani