Susun Kurikulum Al Qur’an, PC. JQHNU Kab. Mojokerto Gelar FGD Para Kiai

Susun Kurikulum Al Qur’an, PC. JQHNU Kab. Mojokerto Gelar FGD Para Kiai

NU Online Mojokerto – Seakan hari Jumat Wage adalah Consolidation Day bagi Pengurus PC JQHNU Kabupaten Mojokerto. Terbukti kemarin Jumat, 19 Maret 2021 mulai pukul 13.30 s.d. 16.30 di Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Al Haruny Jambuwok Trowulan telah diselenggarakan kegiatan Al Munaqasyah Al Jamaiyah Al Murakkazah atau FGD (Forum Group Discussion). Diskusi terfokus ini tak lain sebagai follow up dari MoU PC JQHNU dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto di awal Maret kemarin terkait dengan Program Pendidikan dan Pengajaran Al Quran (Tilawah Tahfizh) bagi siswa SD dan SMP se Wilayah Kabupaten Mojokerto.

Hadir dalam kegiatan ini dari unsur jajaran Penasehat, Dewan Majelis Ilmi dan Pengurus Harian dan Bidang Tahfizh PC JQHNU Kabupaten Mojokerto. Nampak hadir KH. Fathoni Dimyati (Penasehat/PP. Bidayatul Hidayah & Darul Quran Mojogeneng), KH. Masduki Yunus (Penasehat/PP. Tahfizhil Quran Klinterejo Sooko), KH.M. Suud Amin (Rais Majelis Ilmi), KH. Ahmad Basori (Wakil Rais/Sohibul Mahad Miftahul Hikmah), KH. Saifuddin Zuhri (Anggota Majelis Ilmi/PP. Amanatul Quran Pacet), KH. Muhtadi Mahalli (Anggota Majelis Ilmi/PP. Baitul Mukrimin Daleman Japan Sooko), Ibu Nyai Hj. Jauharoh Said yang diwakili Ning Lely (Anggota Majelis Ilmi/PP. Al Hidayah Kutorejo) dan lainnya penuh semangat dan optimisme tinggi turut memberikan sumbangsih pemikiran dan pengalamannya di majelis FGD ini.

Dalam sambutannya, Ketua PC JQHNU Kabupaten Mojokerto, Ustadz Fathur Rahman memaparkan bahwa MoU dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto ini adalah bagian dari amanat program kerja yang leading sectornya adalah Bidang Tahfizh dan Bidang Tilawah guna memasyarakatkan Al Quran dan meng-Al Qurankan masyarakat. Maka dengan forum FGD ini bisa menjadi wadah dalam menggali banyak informasi dan pengalaman dari para Masyayikh Qurra Wal Huffazh lalu diadopsi dan diadaptasikan dengan konsep-konsep pengajaran Al Quran kekinian.

“FGD inilah yang akan menggali berbagai informasi sehingga kelak menjadi kurikulum pengajaran Al Quran ala manhaji PC JQHNU Kabupaten Mojokerto. Dari kurikulum ini akan dibreakdown menjadi kisi-kisi pengajaran Al Quran beserta modulnya yang bisa kita sesuaikan dengan tingkatan kelas peserta didik kita baik SD/MI maupun SMP/MTs bahkan SMA/SMK/MA” ungkap Ustadz Fathur Rahman

Melengkapi sambutan Ustadz Fathur Rahman, KH.M. Suud Amin, Rais Majelis Ilmi menegaskan bahwa embrio kurikulum dari forum FGD ini jangka pendeknya adalah untuk mensukseskan Program GEMAJUZA (Gerakan Menghafal Juz Amma) di wilayah Kabupaten Mojokerto untuk siswaSD/SMP yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto.

Maka sebagai ujung tombaknya, kaya Alumnus Mojogeneng ini memaparkan lebih lanjut, PC JQHNU Kabupaten Mojokerto tentu harus all out untuk mensukseskannya mulai dari sistem kurikulumnya, sistem pengajarannya dan sistem evaluasinya. Bahkan, imbuhnya, program semacam ini dalam waktu dekat akan teraplikasikan juga di madrasah-madrasah di bawah naungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mojokerto.

“Kita sudah mengadakan pembicaraan intens dengan Bapak Kepala dan Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Mojokerto terkait masalah ini, pelaksanaan MoU tinggal menunggu timing yang tepat” terangnya.

FGD ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan sangat gayeng. Secara bergantian para masyayikh menyampaikan kiat-kiat, tip-tips dan pengalaman-pengalamanya dalam melakukan pendidikan dan pengajaran Al Quran terhadap calon-calon Qurra dan Huffazh.

Di sebelahnya nampak sibuk para pengurus yang tergabung dalam Tim Perumus Kurikulum (TPK) Tahfizh Al Quran mencoba menformulasikan pandangan-pandangan masyayikh ini menjadi konsep untuk landasan desain kurikulum. Lebih lengkapnya, berikut ini susunan Tim Perumus Kurikulum (TPK) Tahfizh Al Quran PC JQHNU Kabupaten Mojokerto :


Pelindung :
KH.M. Fathoni Dimyati, Lc
KH. Masduki Yunus

Penasehat :
KH.M. Suud Amin, M.Pd.I
KH. Ahmad Basori
Dr. KH.M. Fatih Masrur, M.Fil.I
Drs. KH. Islahuddin, M.H.I
KH. Saifuddin Zuhri
KH. Muhtadi Mahalli
Dra. Nyai Hj. Jauharoh Said, M.Pd.I
Kyai Zainal Mahmud, S.Pd.I
Ust. H. Nur Kholis, M.Pd.I

Penanggung Jawab :
Ust. H. Fathur Rahman, S.Ag., Pg.D., M.A.

Ketua Tim : Ust. Masfuddin, M.Pd
Wakil Ketua : Ust. Alba Ruhul Haq, S.Ag


Tim Ahli :
Gus Abdul Wahab Musthofa, S.E. (Tahfizh)
Ust. Luqman Syafii, S.Pd. (Tahfizh)
Ust. Abdul Ghofur (Tahfizh)
Ust. H. Samiadi, M.Pd.I (Tahfizh)
Ning Lely, S.Q., M.Pd.I (Tilawah/ Praktisi Pendidikan)
Ust. Saichul Adenan, M.Pd.I (Tilawah/ Praktisi Pendidikan)

Kontributor :
Masfudin, M.Pd, Sekretaris PC JQHNU Kab. Mojokerto