Songsong UAMNU, LP. Ma’arif Gelar Bimtek Proktor Tingkat MI

Songsong UAMNU, LP. Ma’arif Gelar Bimtek Proktor Tingkat MI

NU Online Mojokerto – Menyiapkan UAMNU yang akan diujikan pada tanggal 22 hingga 27 Maret 2021, PC. LP. Ma’arif NU Kab. Mojokerto pada senin tanggal 8 Maret 2021 bertempat di wisma NU Kabupaten Mojokerto, gelar Bimtek untuk para Proktor.

Gus Munawir, Sekertaris UAMNU LP. Ma’arif NU Kab. Mojokerto menyampaikan,

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi seluruh proktor di tingkat MI dan juga untuk sosialisasi aplikasi kepada seluruh lembaga MI yang ada di Kabupaten Mojokerto,” tegas Gus Munawwir.

Selain itu, masih kata Gus Munawwir, dalam kegiatan UAMNU yang akan dilaksanakan mendatang, panitia menyediakan dua model ujian yaitu yang pertama berbentuk CBT dan yang kedua berbentuk paper. Sedangkan kegiatan yang melibatkan proktor yaitu ujian yang berbasis CBT.

Dalam ujian UAMNU, setidaknya akan diikuti oleh sekitar 4000 siswa-siswi MI se-Kabupaten Mojokerto atau sekitar 100 lembaga MI. Perlu diketahui, UAMNU adalah ujian sekolah yang tertua sebelum adanya ujian nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah.

UAMNU yang diselenggarakan tahun ini, masih kata Gus Munawwir, terasa istimewa karena dalam tahun ini pemerintah tidak mengadakan ujian akhir terkait adanya pandemi. Sehingga UAMNU satu-satunya ujian yang ada dan diselenggarakan oleh LP Ma’arif selaku lembaga yang diberi wewenang untuk mengurusi ujian akhir bagi siswa siswi Madrasah Ibtidaiyah yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kontributor : Taufik