Asah Skill Tilawah, JQHNU KOMISARIAT PP. Bidayatul Hidayah Mojogeneng Jatirejo Gelar Festival Qurani

Asah Skill Tilawah, JQHNU KOMISARIAT PP. Bidayatul Hidayah Mojogeneng Jatirejo Gelar Festival Qurani

NU Mojokerto – Gemerlap lampu panggung menambah kemilau cahaya di lingkungan Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah Mojogeneng. Hingar bingar lantunan salawat dari sound system menambah makin maraknya suasana. Di tambah lalu lalang ribuan santri usai menunaikan Salat Isya berjamaah menuju ke lokasi acara makin menanmbah suasana khas malam Jumat di pesantren ini. Ya, malam itu Kamis, 11 Februari 2021 jam 20.00 diselenggarakan gawe tahunan JQHNU Komisariat PP. Bidayatul Hidayah Mojogeneng Jatirejo yaitu Festival Qurani dalam rangka Evaluasi Program Tilawatil Quran di pesantren legendaris ini.

Hadir dalam acara ini Pengasuh Pesantren, Para Asatidzah, Pembina Tilawah dan Ketua PC JQHNU Kab. Mojokerto. Tak ketinggalan pula para alumni Pengurus JQHNU Komisariat PP. Bidayatul Hidayah Mojogeneng.


Mengawali acara ini, Khoirul Anwar selaku Ketua Panitia memberikan sambutan. Dalam sambutannya ia menekankan agar para santri makin rajin mengaji.

“Adanya Festival Qurani ini bertujuan agar santri tetap istiqamah dalam belajar dan mengajar Al-Quran karena Allah taala” kata lajang asal Lampung ini.


Syiar Qurani yang dihadiri ribuan santri ini berbanding lurus dengan penampilan para peserta evaluasi yang mewakili asramanya masing-masing. Delegasi yang tampil adalah pilihan terbaik dari masing-masing asrama. Mereka pun menampilkan yang terbaik sebagaimana Qari/Qariah kelas Nasional.

Hal ini ditandaskan oleh salah seorang pembina tilawah di pesantren ini, Ust. H. Mahfud, S.Pd.I. Bahkan lebih jauh, Ketua PC JQHNU Kab. Mojokerto Ust. H. Fathur Rahman, S.Ag., Pg.D., M.A. mengungkapkan eksistensi JQHNU Komisariat PP. Bidayatul Hidayah, Pesantren ini tergolong legendaris di bidang Al-Quran khususnya. Tak terhitung ribuan alumni yang turut setia mengawal dan mendampingi pendidikan dan pengajaran Al-Quran di wilayah Mojokerto dan sekitarnya baik Tilawah maupun Tahfizh, semuanya berawal dari pondok ini dan dari JQHNU Komisariat pondok ini.

“Maka acara semacam Festival Qurani seperti malam ini menjadi wahana santri untuk meneruskan tradisi dari para pendahulunya agar kelak mereka bisa melanjutkan perjuangan dan dakwah mereka di tengah masyarakat” Ungkap pria yang juga Pembina Tilawah di pesantren ini sejak tahun 2001.


Dan di penghujung acara ini dilaksanakan penganugerahan Trophy dan paket hadiah menarik kepada peserta terbaik I dan II dari golongan santri putera maupun santri puteri.


Kontributor:
Masfudin, M.Pd, Sekretaris PC JQHNU Kab. Mojokerto