Bangkitkan Ekonomi Mandiri Di Tengah Pandemi, LPBI NU Kab. Mojokerto Turut Melatih Pembuatan Produk Kesehatan

Bangkitkan Ekonomi Mandiri Di Tengah Pandemi, LPBI NU Kab. Mojokerto Turut Melatih Pembuatan Produk Kesehatan

Pacet – Disadari atau tidak, pandemi yang melanda beberapa bulan, turut mengacaukan ritme ekonomi lapisan masyarakat. Diperlukan berbagai cara untuk terus bertahan. Salah satunya membuat produk produk yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Seperti membuat hand sanitizer, sabun kesehatan dan lain lain.

LPBI NU Kab. Mojokerto bersama dengan Welirang Community, SIBS Malang, SULTAN ( Training Center) Solo dan MP DELTA7 Network Malang membuat pelatihan pembuatan produk pendukung protokol kesehatan plus yang diikuti oleh 50 peserta ibu ibu dari Kecamatan Pacet.

Produk produk yang dibuat dalam penelitian itu adalah sabun tangan, sabun cuci piring, sabun cuci baju, hand sanitizer gell, handsanitizer spray, dan disinfektan.

Selain pelatihan pembuatan produk kesehatan, peserta juga diberi materi tentang strategi marketing. Menurut Cak Anam, dengan strategi marketing, maka peserta memiliki kemampuan untuk memasarkan produk produknya.

“Selain peserta kita beri kemampuan memproduksi produk kesehatan, kita juga beri materi tentang strategi marketing. Terutama pemasaran digital. Sebab era sekarang adalah era digital, jadi ibu ibu tinggal memasarkan via HP yang dimiliki masing masing” terang Ketua LPBI Kab. Mojokerto itu.

Pelatihan ini, masih kata Cak Anam, akan menumbuhkan kemandirian ekonomi ibu ibu ditengah kesulitan ekonomi. Minimal mereka bisa memenuhi kebutuhan keluarga sendiri untuk penggunaan produk kesehatan. (Is)