Bekali 20 Calon Pasangan Nikah, LKKNU Kab. Mojokerto Gelar Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

Bekali 20 Calon Pasangan Nikah, LKKNU Kab. Mojokerto Gelar Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

Wisma NU – Pada sabtu pagi (12/12/2020), bertempat di Wisma NU, PC. LKKNU Kab. Mojokerto gelar Bimbingan Perkawinan Pra Nikah secara virtual.  Menurut H. Moch. Asyari S.Pd.I, Ketua PC LKKNU Kab. Mojokerto, penyelenggaraan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah tersebut merupakan kerjasama antara PC. LKKNU Kab. Mojokerto dan KUA Kemenag Mojoanyar. Acara tersebut diikuti sekitar 20 calon pasangan nikah yang berasal dari Kec. Mojoanyar.

“Kita bekerjasama dengan KUA Mojoanyar untuk menyelenggarakan bimbingan Perkawinan Pra Nikah ini. Pesertanya adalah calon pasangan nikah yang berasal dari Mojoanyar. Kami hanya membatasi sekitar 20 saja. Sebab berbagai pertimbangan, seperti jaringan dan lain lain sebab kita menggunakan aplikasi zoom” tutur H. Moch. Asyari.

Bimbingan perkawinan pra Nikah tersebut diselenggarakan selama dua hari. Pemateri pematerinya berasal dari berbagai tokoh termasuk pula dari psikolog yang memiliki pengalaman dalam memberi penyuluhan pada pasangan pra nikah.

“Selain dari internal LKKNU sendiri, pemateri juga berasal dari luar yang kompeten dibidangnya. Seperti dari KUA Mojoanyar, juga dari Puskesmas dan Camat Mojoanyar yang memberi materi yang berhubungan dengan pernikahan” tutur pria asal Jatirejo itu.

KH. Abd. Adzim Alwi, Ketua PCNU Kab. Mojokerto, juga memberi sambutan serta bekal pada sesi pembukaan acara bimbingan perkawinan pra nikah tersebut. Dalam sambutannya, KH. Abd Adzim Alwi menyampaikan, agar calon pasangan nikah mempersiapkan diri dengan niat yang benar saat berkomitmen untuk menikah. Sebab niat yang benar akan menjadi pondasi dalam membangun rumah tangga.  Selain komitmen, pasangan juga harus faham tujuan dari pernikahan itu sendiri serta faham hak dan kewajiban suami istri.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan presentasi dari pemateri yang hadir secara virtual. Dihari pertama, pemateri yang memberikan materinya yakni Hj. Isfaiyah dan Muiz Khariry serta dari perwakilan KUA Kemenag Kec. Mojoanyar.