Perkuat Program Kerja, PC JQHNU Kab. Mojokerto Gelar Rapat Koordinasi Bersama PAC JQHNU se-Kab. Mojokerto

Perkuat Program Kerja,  PC  JQHNU Kab. Mojokerto Gelar Rapat Koordinasi Bersama PAC JQHNU se-Kab. Mojokerto

WISMA NU– Pada Jumat,  4 Desember 2020 di gedung PCNU Kabupaten Mojokerto mulai pukul 06.00 WIB  terlihat para huffazh sedang membaca ayat suci Al Quran bil ghoib.  Kegiatan ini  akrab disebut dengan istilah “Wagean” dan merupakan salah satu wujud pelaksanaan program kerja PC JQHNU bekerjasama dengan PCNU kabupaten Mojokerto. Tampak pagi itu Ust. Luqman Syafi’i, S.Pd.I bersama Ust. Abd. Ghofur sebagai salah satu pengurus PC JQHNU dibidang pembinaan tahfizh sedang mengatur berjalannya kegiatan sehingga berjalan dengan baik. Khotmil quran bil ghoib ditutup dengan pembacaan doa, lalu dilanjutkan dengan kegiatan rapat koordinasi.

Peserta yang hadir  dalam  rapat koordinasi sebanyak 45 orang yang terdiri dari pengurus PC JQHNU dan Ketua serta sekretaris PAC JQHNU sekabupaten Mojokerto. Acara dibuka oleh H. Mahfud, S.Pd.I selaku Wakil Ketua II PC JQHNU Kabupaten Mojokerto dan dilanjutkan sambutan dari Rois Majelis Ilmi KH.M. Suud Amin, M.Pd.I.

Dalam kesempatan itu KH. M. Suud Amin M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini penting sebagai wahana diskusi, sharing pengalaman dan sebagainya. Selain itu peraih Juara 2 MTQ Korpri tingkat Nasional Cabang Dakwah ini juga menjelaskan bahwa dengan intensitas koordinasi, maka organisasi akan bisa lebih maju dan berkembang.

Setelah sambutan, rapat koordinasi dibuka oleh Ustadz H. Fathur Rahman, S.Ag, Pg.D, M.A. selaku Ketua PC JQHNU Kabupaten Mojokerto. Rapat koordinasi itu diawali dengan penyampaian oleh Ustadz H. Fathur Rahman S.Ag, Pg.D, M.A tentang kerjasama PAC JQHNU yang telah  membantu dalam proses rekrutmen peserta MTQ yang baru-baru ini telah dilaksanakan di Pemkab Mojokerto. Ke depan PAC JQHNU akan diberikan kewenangan untuk memberikan rekomendasi terhadap peserta yang akan mengikuti MTQ ditingkat kabupaten, imbuhnya.

“Kami atas nama PC JQHNU Kab. Mojokerto mengucapkan terima kasih atas kerjasama PAC JQHNU se-Kabupaten Mojokerto yang telah turut membantu dalam proses rekrutmen peserta MTQ yang diselenggarakan oleh PEMKAB Mojokerto kemarin. Semoga kerjasama ini bisa dilanjut dengan program progam lainnya” terang Ustadz H. Fathur Rahman dihadapan peserta rapat.

Selain itu, beliau juga memberikan penjelasan mekanisme pembentukan Pimpinan Ranting JQHNU sesuai dengan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) JQHNU bahwa Pimpinan Ranting dapat dibentuk disetiap kelurahan/desa atau yang setingkat dengan persetujuan pimpinan cabang. Pimpinan Ranting terdiri dari penasehat dan pengurus harian. Pengurus harian terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan bidang-bidang yang meliputi bidang pembinaan tilawah, bidang pembinaan tahfizh, bidang pendidikan al quran serta bidang usaha dan koperasi.

Setelah dilakukan pengukuhan pada PAC JQHNU, selanjutnya dilakukan sinkronisasi program antara PC JQHNU dengan PAC JQHNU yang disebut dengan istilah program linier. Diantara program tersebut adalah Khotmil Quran dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dimasing-masing tingkatan bisa tersusun jadwal yang sama dan berkesinambungan. Selain itu pengadaan Kartu Tanda Anggota (KTA) JQHNU juga akan segera  dilaksanakan mulai Januari s/d Juli tahun 2021.

Terkait KTA, Nurul Hidayati Sami’an, S.Pd.I salah satu peserta rapat meminta penjelasan tentang siapa saja yang bisa mendapatkan KTA. Saat itu pula ketua PC JQHNU mengajak bersama-sama membuka PRT JQHNU BAB I Jenis Keanggotaan Pasal 1. Pada pasal ini disebutkan bahwa Anggota adalah setiap warga negara Indonesia yang beragama Islam, Qari’-Qari’ah, Hafizh-Hafizhah dan para Ahli Ulumul Quran serta Pecinta, Penggerak Dakwah dan Pendidikan al Quran bermazhab Ahlussunnah Wal Jamaah.

Isno, S.Pd.I, M.Pd.I selaku ketua LTN NU Kabupaten Mojokerto yang turut hadir dalam acara ini, mengajak PC JQHNU dan PAC JQHNU Kabupaten Mojokerto untuk bersama membangun NU dengan cara turut mengisi web yang telah tersedia dengan berbagai berita kegiatan, video pembinaan maupun pendidikan Al quran dan sebagainya. Ketua LTN NU Kab Mojokerto berharap ada sinergi antara LTN dengan JQHNU, sehingga media media sosial terisi dengan pesan pesan dakwah al-Quran yang moderat.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Dr. KH. M. Fatih Masrur, M.Fil.I selaku Katib Majelis Ilmi.

 

Konstributor : Masfudin, S.Pd.I.M.Pd. Sekretaris PC JQHNU Kab Mojokerto