Selenggarakan Seleksi Peserta MTQ Tingkat Provinsi, Pemkab Mojokerto Gandeng PC. JQHNU Kab. Mojokerto

Selenggarakan Seleksi Peserta MTQ Tingkat Provinsi, Pemkab Mojokerto Gandeng PC. JQHNU Kab. Mojokerto

Tak seperti biasa, pada hari sabtu pagi (21/11/20) Kantor Pemkab. Mojokerto ramai oleh lalu orang berpakaian busana Muslim. Mereka adalah peserta pembinaan MTQ dari beberapa Golongan Cabang MTQ seperti Tilawah, Hifzh, Qira’at dan Tafsir yang diundang secara khusus oleh Pemkab Mojokerto dalam rangka menyiapkan kafilan MTQ untuk berkompetisi di Kabupaten Pamekasan pada tahun 2021.

Tepat pukul 08.30 upacara pembukaan kegiatan ini dilakukan. Hadir dalam kegiatan ini Plt. Kabag Kesra Pemkab. Mojokerto, Perwakilan dari Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto, Ketua Pimpinan Cabang Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffazh Nahdlatul Ulama’ (PC JQHNU) Kabupaten Mojokerto, Para Pembina MTQ dan peserta MTQ.

Dalam sambutannya, Ketua PC JQHNU Kabupaten Mojokerto, Ust. H. Fathur Rahman, S.Ag., Pg.D., M.A. mengucapkan terimakasihnya kepada Pemkab. Mojokerto yang istiqomah selama puluhan tahun bermitra kerja dengan PC JQHNU Kabupaten Mojokerto dalam upaya menyiapkan Kafilah MTQ Kabupaten Mojokerto. Lebih lanjut ia menyampaikan sistem rekrutmen peserta MTQ tahun ini dengan melibatkan secara langsung peran Ketua PAC JQHNU se-wilayah Kabupaten Mojokerto untuk merekomendasikan potensi Qurra’, Huffazh dan para Mufassir yang terbaik di wilayah kecamatan mereka untuk diikutkan seleksi secara virtual yang diselenggarakan PC JQHNU Kabupaten Mojokerto.

“Alhamdulillah, hasil dari itu semua dapat kita lihat peserta yang hadir di ruang sidang ini sejumlah 35 peserta terbaik di wilayah kecamatannya. Terima kasih khusus kami sampaikan kepada para Ketua PAC JQHNU se-Wilayah Kabupaten Mojokerto”, kata pria alumni PIQ (Pesantren Ilmu Al-Qur’an) Singosari Malang asuhan KH.M. Bashori Alwi ini.

Sambutan berikutnya oleh Bupati Mojokerto yang diwakili Plt. Kabag Kesra. Pria yang akrab disapa Pak Tatang ini mengungkapkan latarbelakang diadakan kegiatan ini yaitu sebagai pengganti dari Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Mojokerto Tahun 2020 yang sejatinya diselenggarakan di tahun ini.

“Namun karena dampak Pandemi Covid-19 Dana MTQ yang telah dianggarkan dari APBD 2020 ini kena refocusing”, tegasnya.

Oleh karena itu ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PC JQHNU Kabupaten Mojokerto yang tak kenal lelah mengupayakan proses terbentuknya Kafilah MTQ Kabupaten Mojokerto yang berkualitas di gelaran MTQ Tingkat Provinsi Tahun 2021 di Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan seleksi ini sendiri berlangsung selama dua hari terhitung mulai hari Sabtu, 21 Nopember 2020 sampai dengan Ahad, 22 Nopember 2020. Adapun output dari kegiatan ini adalah terbentuknya formasi Kafilah MTQ Kabupaten Mojokerto pada MTQ Tingkat Provinsi Jatim di Pamekasan Tahun 2021 nanti.

 

Kontributor : Masfudin, M.Pd.I