Jelang Pilkada Serentak, Polres Kab. Mojokerto Selenggarakan Khatmil Quran

Jelang Pilkada Serentak, Polres Kab. Mojokerto Selenggarakan Khatmil Quran

Mojokerto – Jelang Pilkada serentak, Polda Jawa Timur dengan diikuti secara serentak oleh Polres se-Jawa Timur gelar Khatmil Al- Quran secara virtual. Pembacaan khatmil Quran ini melibatkan seluruh PC JQHNU se-Wilayah Provinsi Jatim dengan support penuh dari PWNU Jatim dan PCNU se-Wilayah Jawa Timur.

Acara yang diselenggarakan di Masjid Polda Jawa Timur dan direlay ke seluruh Polres Jawa Timur ini dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Dalam sambutannya, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rasa syukurnya atas suasana yang cukup kondusif di wilayah Jawa Timur.

Dalam sambutannya pula, ia mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Khatmil Qur’an Polda – Polres dengan bekerjasama dengan Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffazh Nahdlatul Ulama’ di tingkat Wilayah maupun Cabang. Beliau juga menegaskan bahwa kegiatan semacam ini adalah bagian dari sistem 4.0 dengan menggunakan pendekatan spiritual (Spiritual Approuch) dalam rangka upaya mencari solusi dari berbagai macam masalah (Complex Problem Solving) khususnya jelang pelaksanaan Pilkada serentak ini.

Usai acara pembukaan secara terpusat, Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander, menyampaikan sambutannya di hadapan para Alim ulama, para Huffazh dan para undangan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini menjaga kondusifitas keamanan dan ketenteraman masyarakat.

“Mojokerto adalah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan budaya dan adat istiadat, namun kendati berbeda-beda, masyarakat tetap mampu hidup rukun, guyub, aman dan tenteram.” tuturnya.

Selanjutnya Kapolres yang baru dilantik itu mengingatkan akan bahaya berita hoax yang kerap terjadi di tengah masyarakat, khususnya di masa-masa jelang Pilkada. Oleh karenanya peran alim ulama’, tokoh agama, dan tokoh masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi sejak dini tersebarnya berita hoax tersebut. Acara di tutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua PCNU Kab. Mojokerto, KH. Abdul Adhim.

Acara dilanjutkan dengan Khatmil Qur’an yang diikuti oleh 10 Huffazh utusan dari PC JQHNU Kabupaten Mojokerto. “Ada maksud mulia dari Khatmil Qur’an di Polres Mojokerto pada kali pertama ini”, ucap Ust. H. Fathur Rahman, M.A. Ketua PC JQHNU Kab. Mojokerto.

“Setidaknya ini adalah awal dari kerja sama kita dengan Polres Mojokerto di Bidang Al-Qur’an. Kita harapkan kerjasama ini akan berkelanjutan secara rutin bulanan atau Dwi Mingguan.” Pungkas beliau.