PC. JQHNU Kab. Mojokerto Kukuhkan PAC. JQHNU Pacet

PC. JQHNU Kab. Mojokerto Kukuhkan PAC. JQHNU Pacet

Pacet– Pada Sabtu, 7 Nopember 2020 bertempat di Graha MWC NU Pacet dilaksanakan pengukuhan PAC JQHNU Kecamatan Pacet. Pengukuhan ini turut dihadiri oleh PW JQHNU Propinsi Jawa Timur, PC JQHNU Kabupaten Mojokerto, Ketua MWCNU Pacet, Forkopimcam, Camat, Polsek, Danramil dan peserta pengukuhan PAC JQHNU Kecamatan Pacet.

Acara pengukuhan dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan diawali doa iftitah oleh Rois Majelis Ilmi PAC JQHNU Kecamatan Pacet  KH. Syaifuddin Zuhri dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al quran.  Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua PAC JQHNU Kecamatan Pacet Gus Busthomi. Beliau mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung mulai dari pembentukan PAC JQHNU Kecamatan Pacet sampai terlaksananya kegiatan pengukuhan. Selain itu juga menyampaikan terima kasih pada Pengurus MWCNU Pacet, PC JQHNU Kabupaten Mojokerto atas segala bimbingan dan dukungannya serta kerjasama semua elemen ini untuk semakin siarnya al quran dan gemilangnya program kegiatan PAC JQHNU Kecamatan Pacet. Sambutan senada juga diberikan oleh Kyai Agus Santoso, S.Pd.I  mewakili MWCNU Pacet. Bahkan Kyai muda yang juga aktifis JQHNU Kabupaten Mojokerto ini berdoa mudah-mudahan barokah Ahlul Qur’an yang dikukuhkan ini menjadi wasilah Allah memudahkan upaya Pengurus MWC NU Pacet untuk menyempurnakan fungsi lantai III gedung graha ini.

Camat Pacet yang akrab di panggil pak Malik, juga mengapresiasi kepengurusan PAC JQHNU kecamatan Pacet dan sangat berharap agar setelah dikukuhkan segera bisa action,  mengingat sumber daya alam yang ada di pacet sangat mendukung untuk pendidikan Al quran mulai Pesantren, TPQ dan pendidikan keagamaan lainnya, disamping tentunya cuaca yang dingin nan sejuk sangat cocok untuk digunakan menghafal Al-Qur’an.

Ibu Nyai Dra. Hj. Jauharoh Said, M.Pd.I. sebagai perwakilan PC JQHNU Kabupaten Mojokerto dalam sambutannya menyampaikan apresiaasi kepada pengurus PAC JQHNU Kecamatan Pacet Masa Khidmat 2020-2025 sekaligus memberikan motivasi pada pengurus bahwa Al-Quran benar-benar membawa berkah dunia akhirat, beliau mengilustrasikan dalam kehidupannya sehari-hari. Diantaranya beliau merasakan  bisa memiliki pondok pesantren besar, memiliki Biro Perjalanan ibadah Haji dan Umrah yang cukup besar di level nasional, serta usaha-usaha lain yang beliau geluti, itu semua sebagai secuil barokah dari Al Quran yang telah ditekuninya sejak kecil.  Oleh karena itulah sesibuk apapun beliau ketika ada kegiatan yang bertalian dengan Al Quran khususnya di JQHNU ini, beliau tetap berusaha menyempatkan diri untuk menghadirinya.

Disisi lain Ust. H. Fathur Rahman, S.Ag., Pg.D., M.A. selaku perwakilan dari PW JQHNU Jawa Timur, menyampaikan secara runtut tentang sejarah berdirinya Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffazh. Sebagai organisasi Al-Quran yang sudah lama berdiri dan sudah berumur matang yaitu 70 tahun. Maka tidak mengherankan jika lembaga-lembaga Al quran yang ada sekarang ini bisa bersinergi bersama dengan JQHNU dan menganggapnya sebagai rumah besar mereka. Selain itu beliau juga memberikan pengarahan pada pengurus PAC JQHNU Kecamatan Pacet agar setelah dilantik bisa segera bergerak dan merapatkan diri untuk membuat program-program prioritas seperti pembentukan ranting-ranting. Hal ini sangatlah penting karena ranting itu merupakan kekuatan sistemik yang harus dibangun secara masif guna mewujudkan kekuatan besar ditubuh JQHNU. Jika di internal Jam’iyyah ini kuat maka tradisi-tradisi ke-Al-Qur’anan yang telah dirintis oleh para Ulama’ Al-Qur’an ini bisa lestari bahkan lebih berkembang di era kekinian. Selain itu beliau juga berpesan bahwa untuk kemandirian jam’iyyah, pengurus diharapkan untuk menggalakkan dana khidmat, disamping ditopang juga dengan mengembangkan usaha-usaha kreatif.

 

Redaksi : Masfudin, S.Pd.I, M.Pd Sekretaris PC JQHNU Kabupaten Mojokerto