Perkuat Jamiyyah, PC. JQHNU Kab. Mojokerto Rutinkan Koordinasi

Perkuat Jamiyyah, PC. JQHNU Kab. Mojokerto Rutinkan Koordinasi

Wisma NU – Pada Jumat, 30 Oktober 2020 di gedung PCNU Kabupaten Mojokerto mulai pagi hari pukul 06.00 WIB terdengar lantunan suara merdu para Huffazh yang sedang melantunkan ayat-ayat suci secara bil ghoib. Ini merupakan pelaksanaan program PC JQHNU Kabupaten Mojokerto bekerjasama dengan PCNU Kabupaten Mojokerto. Kegiatan yang akrab disebut “Wagean” ini rutin dijalankan tiap Jumat Wage dan sekaligus sebagai rangkaian kegiatan rapat konsolidasi dan koordinasi bulanan PC JQHNU Kabupaten Mojokerto.

Usai Salat Jumat, khotmil quran bil ghoib ditutup dengan pembacaan doa, lalu dilanjutkan dengan rapat konsolidasi dan koordinasi.  Hadir dalam kegiatan ini, Dewan Majelis Ilmi, Pengurus Harian dan  pengurus bidang, Pengurus MPP Tahfizh dan MPP Raudlatul Qur’an PC JQHNU Kabupaten Mojokerto sejumlah 30 orang. Acara rapat koordinasi dibuka oleh Masfudin, S.Pd.I, M.Pd. selaku  Sekretaris PC JQHNU Kabupaten Mojokerto.

Dr. KH. M. Fatih Masrur, M.Fil.I selaku Katib Majelis Ilmi dalam sambutannya menyampaikan Al Quran Surat Ar Ra’d ayat 17,  bahwa agar dalam perjalanan hidup ini, ada manfaat yang kita berikan kepada orang lain disekitar kita. Karena apa-apa yang memberi manfaat kepada manusia akan tetap eksis bertahan dimuka bumi. Selain itu beliau juga menekankan agar kegiatan khotmil quran dan rapat rutin bulanan ini dapat dijalankan secara istiqomah.

H. Fathur Rahman, S.Ag, PgD, MA selaku Ketua PC JQHNU Kabupaten Mojokerto menjelaskan bahwa organisasi akan menjadi kuat ketika memiliki kemandirian. Bentuk riil dalam upaya memperkuat kemandirian organisasi ini terwujud dari aktifitas rapat bulanan seperti ini yang didalamnya terkandung maksud memberi kesempatan pengurus dan anggota PC JQHNU untuk menggunakan kemudahan melakukan pembayaran Dana Khidmad Jam’iyyah (DKJ) bulanan. Di era teknologi seperti sekarang ini, pembayaran DKJ selain disampaikan secara manual melalui pertemuan bulanan, pengurus dan anggota juga bisa melakukan pembayaran melalui QRIS via Link Aja, Go Pay, OVO, Dana, Shopee dll  atau transfer pada rekening bank milik PC JQHNU Kabupaten Mojokerto. Terobosan ini diharapkan dapat mempermudah pengurus dan anggota untuk mendukung dan menjalankan roda organisasi secara bersama.

Selain itu, menurut pria yang akrab dipanggil Maskung ini menjelaskan rencana terobosan yang akan dilakukan PC JQHNU Kab. Mojokerto terkait dengan Pemberdayaan Ekonomi. Terobosan ini diwujudkan melalui rencana MOU dengan Universitas Brawijaya Malang di Bulan Juli Tahun 2021 melalui program Danareksa untuk menstimuli para pelaku UMKM dari kalangan Qurra’ dan Huffazh.

Sebelum ditutup, rapat koordinasi tersebut diberlangsungkan prosesi penyerahan SK Majelis Pembinaan dan Pengembangan (MPP) Raudhatul Qur’an dan Majelis Pembinaan dan Pengembangan (MPP) Tahfizh pada masing-masing ketua oleh Ketua PC JQHNU Kabupaten Mojokerto. Setelah penyampaian SK, Ketua PC JQHNU berpesan bahwa setelah SK diterima sebagai dasar dalam bekerja, maka selanjutnya agar segera mengadakan rapat untuk pembuatan program kegiatan.

Acara rapat koordinasi berakhir pada pukul 16.00 WIB dan ditutup dengan pembacaan doa oleh KH.M.Suud Amin, M.Pd.I selaku Rais Majelis Ilmi PC JQHNU Kabupaten Mojokerto.

 

Redaksi : Masfudin, S.Pd.I, M.Pd Sekretaris PC JQHNU Kabupaten Mojokerto